Pilihan Makanan Untuk Ibu Hamil Trisemester Pertama

Pilihan makanan untuk ibu hamil trimester pertama, termasuk informasi yang penting yang harus diketahui oleh semua ibu hamil, sebab usia kehamilan yang masuk pada trisemeter pertama sangat membutuhkan asupan kalori, nutrisi serta zat-zat penting yang lainnya untuk tetap kesehatan ibu dan calon bayi.

Kehamilan trisemester pertama ini merupakan fondasi yang sangat penting untuk perkembangan janin dikarenakan makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil nantinya akan mempengaruhi perkembangan janin. Maka dari itu sejak awal kehamilan ibu dituntut untuk selalu menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsi dan jangan terlalu khawatir akan mitos tentang pantangan-pantangan makanan untuk ibu hamil muda. Pada dasarnya, semua makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil adalah baik bagi tubuh, hal ini tergantung dari mana sumbernya, bagaimana cara pengolahannya, dan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Makanan yang kandungan nutrisinya dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil selain memberikan manfaat pada ibu hamil sendiri, makanan tersebut juga merupakan sumber makanan yang akan diterima oleh calon bayi anda. Makanan tersebut merupakan energi yang diperlukan agar pertumbuhan dan perkembangan janin dapat terbentuk dengan sempurna tanpa adanya kecacatan.

Umumnya, ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trisemester pertama mengalami keluhan mual bahkan muntah yang pada akhirnya akan berpengaruh pada proses kehamilannya, bagaimana tidak jika ibu tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisinya bagaimana cara janin dapat bertumbuh dan berkembang sedang energi yang dihasilkan oleh ibu tidak ada. selain itu adanya perubahan hormonal yang sudah sewajarnya dialami oleh ibu hamil selama tiga bulan kehamilan pertama akan mempengaruhi sensitivitas dan stamina. Tapi ibu tidak perlu cemas karena selalu ada solusi dibalik keluhan-keluhan tersebut. Salah satu solusi yang bisa anda ambil yaitu bersikap selektif dengan memilih makanan yang cocok dan sesuai untuk ibu hamil di trisemester pertama ini. Usia kehamilan yang masih muda, rentan akan terjadinya gangguan, maka pilihan makanan yang tepat akan membantu anda mengurangi resiko tersebut. Ibu hamil pada umunya perlu zat nutrisi berupa makanan yang kaya asam folat, protein, vitamin dan mineral untuk menajalani proses kehamilannya tersebut. Lalu, darimanakah sumber atau nutrisi makanan tersebut diperoleh?

Berikut ini pilihan makanan untuk ibu hamil trisemester pertama yang bisa anda konsumsi, antara lain:

  1. Sereal atau gandum

Dalam sereal atau gandum, banyak kalori dan serat yang diperoleh jika ibu hamil mengonsumsi makanan ini ataupun sebagai ibu bisa mengknsumsi makanan ini sebagai penggati makanan pokok seperti beras ataupun roti, untuk mengurangi rasa mual yang berlebihan.