Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi kacang-kacangan bagi ibu hamil memang dirasa perlu, karena di dalam kacang-kacangan terdapat banyak kandungan zat nutrisi yang diperlutkan bagi tubuh salah satunya protein nabati yan terdapat dalam kacang hijau. Selain itu kacang hijau ini merupakan sumber mineral yang cukup penting diperlukan bagi tubuh. Bahkan ahli gizi pun juga menyarankan para balita untuk mengkonsumsi kacang hijau, karena nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau baik untuk pertumbuhan balita tersebut.

Kacang hijau termasuk dalam famili polong-polongan. Kandungan protein didalamnya yang cukup tinggi sangat berguna khususnya bagi ibu hamil, selain itu kacang hijau juga mengandung sumber mineral yang cukup penting, yaitu kalsium dan juga fosfor yang berguna bagi tubuh untuk proses pembentukan tulang. Sementara untuk kandungan lemaknya, kacang hijau mengadung 23 % asam lemak jenuh dan 73 % asam lemak tak jenuh, kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi membuat kacang hijau aman untuk dikonsumsi termasuk ibu hamil yang memiliki berat badan yang berlebih.

Dari kandungan yang terdapat dalam kacang hijau, banyak sekali manfaat yang bisa diambil terutama bagi ibu hamil, selain banyak cara yang mudah untuk mengolah kacang hijau satu ini, mendapatkan kacang jenis satu ini pun tidak susah. Dalam menu sehari-hari, ibu bisa menjadikam kacang-kacangan sebagai alternatif mendapatkan protein nabati yang terbaik. ibu bisa mengokonsumsi kcang hijau ini karena dianjurkan supaya nanti bayi yang akan dilahirkan memiliki rambut yang lebat karena pertumbuhan sel dalam tubuh yakni salah satunya sel-sel rambut membutuhkan fungsi protein yang cukup.

Kandungan lainnya yang teradapat dalam kacang hijau yaitu kalsium, fosfor, serat karbohidrat kompleks serta vitamin B1 dan B2 bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan saluran pencernaan, berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru, meningkatkan nafsu untuk makan, sumber energi bagi tubuh juga untuk memaksimalkan sistem kerja syaraf, agar tubuh lebih mudah dalam menyerap protein selain itu, manfaat kacang hijau saat dikonsumsi tubuh biasanya akan mudah merasa kenyang lebih lama karena karbohidrat kompleks akan lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga energi yang di hasilkannya pun akan lebih stabil. Disamping itu olahan makanan yang berbahan dasar kacang hijau tidak mudah basi, anda bisa juga mengambil sari kacang hijau untuk menu harian anda, terlebih kandungan lemak tak jenuh tak akan mempengaruhi kesehatan justru lemak tersebut baik bagi kesehatan jantung.

Begitu banyak manfaat kacang hijau untuk ibu hamil jika ibu mengonsumsi jenis kacang-kacangan satu ini selain bermanfaat bagi kesehatan, kacang hijau juga dapat mencegah tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Terutama bagi ibu hamil, karena disamping itu kacang hijau juga mengandung Asam Folat yang sangat penting diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembanga janin yang dikandungnya.

Mengkonsumsi kacang hijau ini bisa anda mulai ketika anda telah memasuki usia kehamilan pertama ataupun sebelum masa kehamilan. Terlebih untuk ibu hamil trisemster pertama yang rawan terjadinya gangguan-gangguan pada janin, kandungan asam folat di trisemester ini sangat diperlukan sebab kandungan asam folat yang terdapat di dalam kacang hijau sangat baik untuk perkembangan saraf bayi dan perkembangan otak pada bayi di masa kehamilan serta mampu mengurangi resiko terjadinya kelainan jantung pada bayi, bibir sumbing, dan kecacatan lainnya.