Khasiat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kecantikan

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak alami yang selama ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh salah satunya pada kulit tubuh. Minyak zaitun adalah minyak alami yang dihasilkan oleh buah zaitun. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh di daerah Yunani, Italia, Timur Tengah, Spayol dan daerah Mediterania. Fungsi dari minyak zaitun ini adalah memberi dan menjaga kelembaban kulit dan menghaluskan kulit serta menjaga elastisitas kulit. MInyak zaitun memiliki kandungan utama yaitu oleic acid dan vitamin E. Keduanya memiliki peranan penting untuk kesehatan kulit. Vitamin E juga berperan untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menjadi antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu minyak zaitun juga memiliki komposisi lemak tak jenuh tinggi yaitu asam oleik dan polifenol. Minyak zaitun sangat baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah dan kecantikan. Minyak zaitun merupakan pembersih dan pelembab yang alami. Berbeda dengan produk-produk perawatan kulit yang tersedia lainnya, minyak zaitun adalah bahan yang murni dan alami, oleh karena itu tidak memiliki efek samping dan membuatnya menjadi pilihan tepat untuk merawat kulit wajah.

Khasiat minyak zaitun untuk wajah antara lain :

  • Untuk masker wajah

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid. Zat ini dapat menghambat proses penguapan air dalam tubuh. Zat-zat ini baik untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Kandungan minyak zaitun juga dapat menjaga elastisitas kulit, sehingga akan mencegah timbulnya keriput pada wajah. Pengaplikasian minyak zaitun sebagai masker wajah ada beberapa cara sesuai dengan jenis kulit anda, antara lain :

Kulit normal

Bagi anda yang memiliki kulit normal, buatlah masker wajah dengan mencampur setengah cangkir jus mentimun, setengah cangkir yogurt, dan setengah sendok makan minyak zaitun. Pakailah masker ini pada wajah, dan diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Kulit normal termasuk kulit yang sehat, maka itu gunakan cara ini hanya seminggu sekali atau lebih untuk perawatan kulit alami.

Kulit berminyak

Bagi kulit berminyak, buatlah masker wajah dengan campuran setengah sendok makan minyak zaitun, garam, satu cangkir oatmeal, dan setengah cangkir susu. Terapkan masker tersebut pada wajah selama kurang lebih 15 menit lalu bilas. Masker wajah ini akan membantu dalam membersihkan pori-pori kulit wajah dan mencegah jerawat.

Kulit kering

Bagi anda yang mempunyai kulit kering dan terbakar matahari, masker wajah dari minyak zaitun ini merupakan perawatan wajah terbaik. Ambil satu telur kuning, setengah sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok makan tepung. Sekarang campur untuk membentuk pasta. Terapkan pada wajah dan biarkan kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas wajah anda dengan air hangat. Terapkan masker wajah ini dua kali seminggu pada wajah untuk menjaga kulit agar tetap lembab.

Untuk semua jenis kulit

Gunakan satu sendok makan bubuk cendana dan campur dengan setengah sendok teh kunyit. Setelah itu tuangkan susu secukupnya sehingga akan membentuk pasta. Aplikasikan pasta ini secara merata pada bagian wajah dan leher. Biarkan masker ini tetap pada wajah selama sekitar setengah jam, kemudian cuci dengan air hangat. Pada akhirnya, gunakan air mawar untuk wajah anda. Jika diterapkan setiap minggu, masker ini akan membuat kulit lebih bercahaya.