Khasiat Buah Naga Ungu Bagi Kesehatan

Buah Naga yang memiliki nama latin Hylocereus undatusatau dalam bahasa inggris dikenal dengan dragon fruitmerupakan buah dari beebrapa jenis kaktus. Tanaman ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah naga adalah tanaman tahunan memiliki bunga yang berbau wangi. Buah Naga memiliki kulit buah bersayap banyak, warna kulit merah muda, berat buah 400-1.000 gram lebih. Buah mentah biasanya berwarna hijau, setelah masak berubah menjadi berwarna merah.Isi buah berwarna putih, merah atau ungu dengan taburan biji-biji berwarna hitam yang juga dapat dikomsumsi. Rasa buah biasanya agak masam, banyak mengandung air, vitamin C dan karotenoid, vitamin B1,B2,B3 dan zat antioksidan. Buah naga memiliki beberapa jenis yaitu   Hylocereus undatus yaitu buah naga yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih,    Hylocereus polyrhizus yaitu buah naga yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah, Selenicereus megalanthus yaitu buah naga dengan kulit buah kuning dan daging buah putih,    Hylocereus costaricensis, yaitu buah naga dengan warna buah yang sangat merah atau ungu. Buah naga juga dikenal memiliki khasiat abgi kesehatan tubuh terutama buah naga yang memiliki daging buah berwarna ungu.

Khasiat buah naga ungu bagi kesehatan adalah :

  • Menjaga kecantikan kulit

Kandungan Vitamin C dan antioksidan dari buah naga mampu menghambat radikal-radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah terutama pada kulit. Tidak hanya itu saja karena tingginya vitamin C maka maka buah naga juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Buah naga memiliki kandungan niacin atau vitamin B3 yang dapat menrunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga mampu meminimalisir penyakit akibat kolesterol seperti penyakit jantung dan pembuluh darah serta dapat membuat tampilan kulit menjadi lebih halus dan melembabkan bagian kulit yang terkena sinar matahari.

  • Mencegah penuaan dini

Buah naga mengandung zat antioksidan tinggi yang mampu mengeluarkan racun-racun akibat terpapar polusi setiap hari, sama efektifnya dengan buah apel.