5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Sebagai Obat Alami

Dengan semakin banyaknya tren model rambut saat ini seperti dikeriting, dicatok, hingga dicat membuat anda dihadapkan pada sebuah dilema, yakni apakah anda akan mengorbankan kesehatan rambut anda demi mendapatkan mahkota kepala yang cantik atau tetap mengutamakan kesehatan rambut tetapi terancam ketinggalan tren. Mengubah gaya rambut setiap hari memang membuat anda tampil cantik dan kreatif. Akan tetapi, hal ini juga berdampak pada kerusakan rambut anda. Belum lagi, campuran bahan-bahan kimia berbahaya yang dapat mengancam kesehatan rambut anda dalam jangka lama. Walau demikian, bukan berarti penulis meminta anda untuk berhenti melakukan ‘eksperimen’ dengan rambut anda. Malahan, penulis ingin mengajak anda semua untuk menyimak manfaat minyak zaitun untuk rambut sebagai obat alami berikut ini.

Mengapa Harus Minyak Zaitun?

Cara terbaik untuk kembali mendapatkan kesehatan rambut anda ialah dengan bahan-bahan alami dan sebisa mungkin menghindari senyawa kimia berbahaya. Sejatinya, ada begitu banyak bahan natural di sekeliling kita yang bisa kita gunakan untuk mengatasi hal ini; ya, dan salah satunya ialah minyak zaitun. Minyak alami pohon zaitun yang berasal dari Mediterania ini memang berkhasiat untuk mengembalikan kesehatan rambut baik itu disebabkan oleh faktor internal, semisal faktor genetik atau keturunan, stres, dan diet yang salah, maupun faktor eksternal, semisal polusi, pewarnaan, pengkeritingan, dan treatment rambut lainnya.

Layaknya jenis minyak esensial lainnya yang kita temui di alam, manfaat minyak zaitun untuk rambut disebabkan oleh kandungan nutrisi di dalamnya yang berkhasiat untuk membuat rambut anda menjadi sehat kembali. Zat-zat minyak zaitun tersebut antara lain, vitamin A dan E, polifenol, dan zat antioksidan. Ya, selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun ini juga berguna untuk:

  1. Memperlancar peredaran darah kulit kepala

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama ialah membantu memperlancar peredaran darah di area kulit kepala. Seperti yang kita ketahui, sirkulasi darah yang bagus juga turut membantu rambut kita tumbuh dengan sehat. Dengan lancarnya aliran darah, maka asupan darah ke kulit kepala akan semakin banyak sehingga rambut kita cukup mendapatkan nutrisi agar tetap kuat dan sehat. Untuk mendapatkan hal ini, cukuplah anda memijat kulit kepala anda dengan minyak zaitun secara teratur.

  1. Menyehatkan kulit kepala

Selain membawa fungsi antibakteri dan antijamur, minyak zaitun juga mengandung bahan antioksidan. Senyawa inilah yang akan mengurangi resiko kerusakan yang ditimbulkan oleh bahan-bahan kimia produk yang anda pakai. Ya, penggunaan bahan kimia yang berlebihan dapat merusak kulit kepala sehingga kesehatan rambut anda pun turut terganggu. Nah, di sinilah manfaat minyak zaitun untuk rambut sebagai obat alami.